Konjugasi kata kerja Etre dan Avoir.

 

Seperti Bahasa Inggris, Bahasa Perancis juga mempunyai bentuk to be (am, is, are) serta penggunaan kata kerja has/have dan do/does. Dalam Bahasa Perancis terdapat 4 kata kerja utama yang digunakan dan dapat dirubah-ubah bentuknya (dikonjugasikan) untuk membentuk ungkapan atau tense tertentu. Kata kerja tersebut antara lain adalah etre dan avoir. Akan tetapi penggunaan kata-kata tersebut dalam Bahasa Perancis berbeda dengan Bahasa Inggris.

  1. Être.

Être merupakan to be (am, is, are) dalam Bahasa Perancis. Kata ini digunakan untuk mendeskripsikan diri sendiri, profesi, agama dan kebangsaan

Berikut konjugasi dan contoh kalimatnya:

Je suis

Tu es

Vous êtes

Il/Elle est

Nous sommes

Ils/Elles sont

Contoh:

–      Je suis artiste (I am an artis/Saya seorang seniman).

–      Elle est Indonesienne (She is Indonesian/Dia adalah orang Indonesia).

–      Ils sont professeurs (They are teachers/Mereka adalah guru).

Fungsi Etre : 
• Kata ini digunakan dengan kata sifat, kata benda, dan adverbia untuk menggambarkan keadaan sementara atau tetap menjadi: 
Il est beau – He is handsome – Dia tampan 
Je suis à Paris – I’m in Paris – Saya berada di Paris 

•Être digunakan untuk mendeskripsikan profesi seseorang; tetapi, perhatikan bahwa indefinite article (kata sandang tidak tentu) seperti un, une, dan des, tidak digunakan pada bentuk ini dalam bahasa Prancis: 
Mon père est avocat – My father is a lawyer – Ayah saya adalah seorang pengacara 
 Je suis étudient – I’m a student – Saya adalah seorang pelajar 

 •Être dapat digunakan dengan kata depan à ditambah kata ganti penekan untuk menunjukkan kepemilikan: 
Ce livre est à moi – This is my book – Buku ini adalah milikku 
 – À qui est cet argent ? 
– C’est à Paul. 
 – Whose money is this? 
– It’s Paul’s. 
– Uang siapa ini? 
– itu adalah milik Paul.

Berikut ini adalah konjugasi vert  être dalam bentuk présent :

 Sujet  Verb  être
je suis
tu es
il, elle, on est
nous sommes
vous êtes
ils, elles sont

Contoh Kalimat

  • Je suis fatigué ( Saya lelah).
  • Je suis tout le temps fatiguée (Saya kelelahan sepanjang waktu).
  • Je suis marié depuis 12 ans et j’ai deux garçons âgés de 8 et 10 ans (Saya sudah menikah selama 12 tahun  dan saya memiliki anak laki-laki yang berumur 8 dan 10 tahun).
  • Je suis mariée depuis 8 ans et j’ai deux garçons âgés de 6 et 4 ans (Saya sudah menikah selama 8 tahun  dan saya memiliki anak laki-laki yang berumur 6 dan 4 tahun).
Perhatikan kosakata fatigué dan fatiguée serta marié dan mariée. 
Nom Keterangan
fatigué fatigué bermakna lelah dan digunakan untuk nom masculin. Jadi je suis fatigué diucapkan oleh pria.
fatiguée fatiguée digunakan untuk nom féminin. Jadi je suis fatiguée diucapkan oleh wanita
marié Sama halnya dengan penjelasan diatas. Je suis marié mengacu bahwa kalimat ini diucapkan oleh seorang suami/pria.
mariée Je suis mariée diucapkan oleh seorang wanita. Disini bisa menarik kesimpulan, untuk membedakannya tinggal ditambahkan e untuk menyatakan nom féminin.
  • Tu es beau (Kamu tampan).
  • Tu es belle (Kamu cantik).
  • il est mon ami (Dia teman saya).
  • il est bon de chanter (Dia pintar menyanyi).
  • Elle est bonne de chanter (Dia pintar menyanyi).
Perhatikan tabel dibawah ini :
Nom Keterangan
beau beau bermakna beuatiful dalam bahasa inggris dan digunakan untuk nom masculin.Kalau kita maknai dalam bahasa indonesia dapat berarti tampan.
belle belle bermakna beuatiful  juga dalam bahasa inggris dan digunakan untuk nom féminin. Kalau kita maknai dalam bahasa indonesia dapat berarti cantik.
bon bon bermakna good dalam bahasa inggris dan digunakan untuk nom masculin.
bonne bonne bermakna good juga dalam bahasa inggris dan digunakan untuk nom féminin.
  • Nous sommes prets (Kami siap).
  • Nous sommes très heureux de travailler avec vous (Kami sangat senang bekerja dengan anda).
  • Vous êtes étudiant ? (Apa kamu seorang pelajar). étudiant digunakan untuk pelajar laki-laki
  • Vous êtes étudiante ? (Apa kamu seorang pelajar). étudiante digunakan untuk pelajar perempuan.
  • ils sont beaux (Mereka tampan). Beaux adalah bentuk jamak dari beau.
  • Elles sont belles (Mereka cantik). Belles adalah bentuk jamak dari belle
  1. Avoir.

Avoir adalah salah satu dari kata kerja bahasa Prancis yang paling umum. Hal ini tidak teratur dalam konjugasi dan secara harfiah berarti “untuk memiliki.” Selain itu, avoir banyak digunakan dalam ungkapan kiasan dan sebagai sebuah kata kerja bantu. Dalam Bahasa Prancis, avoir juga biasanya digunakan untuk mendeskripsikan keadaan diri (fisik, anggota tubuh), kepunyaan dan usia.

Dalam Bahasa Perancis biasanya digunakan untuk mendeskripsikan keadaan diri (fisik, anggota tubuh), kepunyaan dan usia.

Berikut konjugasi dan contoh kalimatnya:

J’ai

Tu as

Vous avez

Il/Elle a

Nous avons

Ils/Elles ont

Contoh:

J’ai 24 ans (I am 24 years old/Saya 24 tahun). Perhatikan untuk usia menggunakan avoir, bukan être).

Il a faim (He is hungry/Dia lapar).

Nous avons soif. (We are thirsty/Kita haus).

Contoh lainnya

  • J’ai vingt ans ( I am twenty years old / Saya berumur 20 tahun).
  • J’ai faim (I’m hungry / Saya lapar)
  • J’ai mal au ventre (I have a stomach ache / Saya sakit perut)
  • Tu as peur ( You’re afraid / Anda takut)
  • Tu as un gros nez (You have a big nose / Anda memiliki hidung besar)
  • Il a deux ans de plus que moi (He is two years older than me / Dia dua tahun lebih tua dari saya)
  • Il a deux enfants ( He has two children / Dia memiliki dua orang anak )
  • Elle a soif (She is thirsty / Dia haus)
  • Elle a les cheveux noirs ( She has black hair / Dia memiliki rambut hitam)
  • Nous  avons un beau chien noir ( We have a beautiful black dog / Kami memiliki anjing hitam yang indah)
  • Nous avons aussi une idée (We also have an idea / Kami juga punya ide)
  • Vous avez beaucoup d’argent ( You have a lot of money / Anda memiliki banyak uang)
  • Vous avez un message de lui (You have a message from him / Anda memiliki sebuah pesan dari dia (laki-laki))
  • Ils ont froid ( They are cold / Mereka (laki-laki) kedinginan)
  • Elles ont des belles tenues (They have beautiful dresses / Mereka memiliki gaun indah)

Keadaan fisik mencakup antara lain:

–      Panas : chaud

–      Dingin : froid

–      Lapar : faim

–      Haus : soif

Dalam Bahasa Inggris avoir berarti “to have”, sedangkan dalam bahasa Indonesia avoir berarti “untuk memiliki” sebagian besar dalam merasakan sesuatu. 
J’ai deux stylos – I have two pens – Saya mempunyai dua pulpen 
 J’ai trois frères – I have three brothers – Saya mempunyai 3 saudara laki² 
J’ai mal à la tête – I have a headache – Saya sakit kepala 
J’ai une idée – I have an idea – Aku punya ide 
 J’ai été eu – I’ve been had (tricke7d) – Saya telah mengalami penipuan 

 •Ekspresi kata dengan Avoir Avoir digunakan dalam beberapa ungkapan kiasan, banyak di antaranya diterjemahkan oleh kata kerja bahasa Inggris “to be/menjadi”: 
J’ai 30 ans – I am 30 years old – Saya berusia 30 thn 
J’ai soif – I am thirsty – Saya haus 
J’ai froid – I am cold – Aku kedinginan 
Catatan: Je suis 30 ans (salah) – J’ai 30 ans (benar) 
Je suis soif (salah) – J’ai soif (benar) 
Je suis froid (salah) – J’ai froid (benar) 

•Avoir sebagai Kata Kerja Bantu 
J’ai déjà étudié I have already studied. Saya sudah belajar. 
J’aurai mangé avant ton arrivée I will have eaten before you arrive Saya sudah makan sebelum Anda datang 
Si j’avais su, je t’aurais téléphoné If I had known, I would have called you Kalau saja saya tahu, saya akan meneleponmu.

 

 

Leave a comment